Charaben Bikin Bekal Si Kecil Jadi Menggiurkan

Charaben alias character bento kini makin populer. Aneka kuliner yang dibentuk mengikuti berbagai karakter mirip manusia, tokoh kartun, hewan, juga tumbuhan. Buat si kecil yang malas makan, charaben bisa jadi cara bikin mereka lahap. Bikin yuk!

Charaben umumnya dibuat di dalam kotak makan atau bento. Dibuat dengan paduan warna yang menarik. Isiannya dibuat padat, agar tak bergeser saat dibawa berpindah tempat.

Tak hanya berisi nasi, sandwichpun bisa dibuat cantik dalam wadah bekal anak. Jangan lupa padu padankan warna kontras, agar terlihat semarak. Kuncinya adalah permainan warna, dan jangan ragu menggunakan banyak peralatan.

Selain bikin ibu jadi lebih kreatif, charaben juga bisa jadi trik jitu mengurangi jajan si kecil di sekolah.

Beberapa tampilan bento yang menarik berikut bisa menginspirasi para ibu untuk mempraktekkannya di rumah. Yuk intip charaben yang lucu-lucu ini!

1. Panda Bento

 

Bento berbentuk panda ini dibuat dari kepalan nasi yang dibuat membulat seperti wajah panda. Untuk memberi bagian hitam mata dan telinganya, dengan lembaran nori atau rumput laut. Untuk mengisi bagian kosong dan agar lebih menarik, letakkan rebusan brokoli atau sayuran lain di sisinya.

2. Bear Bento

Buat para pemula ataupun yang tak punya banyak waktu, contoh saja bentuk bento ini.  Gunakan makanan berbentuk bulat atau telur untuk bagian kepala, lalu selimuti dengan keju lembaran yang diberi motif irisan sayuran.

3.Cute Girl Bento

Bento cantik ini terlihat seperti gadis yang tersipu malu berambut ikal. Dibuat dari kepalan nasi, mie, telur dadar yang dibentuk bintang, dan digunakan daun selada serta sosis sebagai jepit rambutnya. Jangan lupa bentuk matanya dengan rumput laut lembaran. Cantik, ya?

4. Penguin Bento

 

Simpel saja, tambahkan irisan lembaran nori di atas nasi, dan letakkan paprika kuning sebagai hidung dan kakinya. Sajikan dengan irisan daging, juga warna-warni sayuran rebus yang menyehatkan. Nyam…nyam!

5.Hello Kitty Bento

 

Bento ini dibuat dengan beberapa kepal nasi yang dibungkus oleh lembaran daun hijau. Bisa digunakan sayuran hijau yang sebelumnya sudah direndam sebentar dalam air panas agar layu. Jangan lupa gunakan kacang hitam, jagung, dan nori untuk bagian mata, hidung dan pipinya.

6. Pooh Bento

 

Lapisi dasar tempat makan dengan lembaran daun selada hijau segar. Kepalkan nasi berwarna kuning di atasnya, dan bentuk rumput laut menjadi mata, hidung dan alisnya. Lalu beri irisan tipis wortel rebus untuk pakaiannya. Wouw, jadilah pooh bento yang lucu!

7. Sandwich Bento

 

Bawakan bekal roti sandwich buat si kecil dengan gambar lucu. Untuk bagian wajahnya bisa digunakan daging asap plus keju lembaran. Untuk memenuhi gizi dan seratnya, sertakan aneka buah segar berwarna warni yang ditaruh wadah plastik. Sisipkan juga sayuran rebus agar lebih sehat.

 8. Piano Bento

 

Aktivitas si kecil yang padat perlu didukung dengan bekal yang lengkap nutrisinya. Letakkan nasi di wadah tersendiri dalam tempat makan, lalu tutup dengan daging asap serta keju lembaran dan tempelkan tuts piano yang dibuat dari nori. Jangan lupa untuk memasukkan susu kemasan kecil dan buah segar.

9. Kitty Sandwich Bento

Jika sedang buru-buru, siapkan saja roti putih dengan isian kesukaan anak, lalu bentuk dengan cetakan. Tambahkan chocochips aneka warna dan juga irisan nori untuk membentuk figur Hello Kitty. Jangan lupa isi juga dengan buah dan susu di dalamnya.

10. Penguin Bento 2

Lapisi kepalan nasi dengan nori, lalu beri dekorasi putih telur dan irisan wortel. Tambahkan telur dadar gulung sayuran dan juga buah di sisinya. Nyam nyam!

11. Cute Bento

Jika menggunakan tempat makan bertingkat, bento bisa dibuat dengan dekorasi berbeda. Di tingkat pertama, bisa diletakkan sayuran rebus dan keju. Paprikanya dibuat menyerupai seorang gadis berpita. Di bagian bawah, bisa diletakkan nasi yang digulung dengan telur dadar dan diberi hiasan mata, hidung dan rambut.

12.Smiling Bento

Tak sempat sarapan? Buat saja bekal Smiling Bento ini. Roti tawar dengan isian daging dengan paduan telur rebus. Tinggal belah rotinya hingga tampak tersenyum, dan alasi telur rebus dengan wadah kue berwarna. Selamat makan!

(flo/odi)

Bersumber dari : Flora Febrianindya – detikFood

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s